Gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan Suku Minang ! (Kunci Jawaban)

Gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan Suku Minang ! bacaan teks Suku Minang terdiri dari 5 paragraf terdapat pada halaman 58.

Karena yang ditanya gagasan pokok dan pendukung, maka kita pahami dulu apa sih gagasan pokok dan apa sih gagasan pendukung itu?.

Gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi pokok / inti pada bacaan tersebut, yang menggambarkan keseluruhan bacaan tersebut.

Sedangkan gagasan pendukung adalah gagasan yang mendukung atau menjelsakan gagasan pokoknya.

Berarti kalian cari di paragraf 1, inti bahasannya apa kemudian penjelasannya apa ?.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan Suku Minang !

Jawab:

Paragraf pertama Suku Minang:

  • Gagasan pokok: Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat.
  • Gagasan pendukung: Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah β€œMalin Kundang”.

Paragraf kedua Suku Minang:

  • Gagasan pokok: Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang
  • Gagasan pendukung: Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Paragraf ketiga Suku Minang:

  • Gagasan pokok: Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong.
  • Gagasan pendukung: Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Paragraf keempat Suku Minang:

  • Gagasan pokok: Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian.
  • Gagasan pendukung: di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Paragraf kelima Suku Minang:

  • Gagasan pokok: Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya.
  • Gagasan pendukung: Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada gagasan pokok yaitu gagasan utamanya. Misalnya pada paragraf 1 gagasan pokoknya adalah Suku Minang adalah etnis dari Sumatera Barat.

Kemudian gagasan pendukung berarti kan yang mendukung atau menjelaskan gagasan pokonya. Pada pragraf 1 yaitu suku minang disebut juga orang Padang.

Kalimat orang padang tersebut menjelaskan mengenai gagasan pokonya yaitu etnis Sumatera Barat. Kan Padang berada di Sumetera Barat.

Kalian mengisinya pada bagan atau diagram yang telah disediakan ya.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan Suku Minang

Verifikasi

Gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan Suku Minang

Demikianlah gagasan pokok dan pendukung teks suku Minang: βœ…πŸ’―πŸ‘

Kebijakan guru.

Tinggalkan komentar