Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama, Mengapa ? (Kunci Jawaban)

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama, Mengapa ? media seperti misalnya benda padat, cair dan gas.

Bunyi kan berasal dari getaran benda-benda. Nah, kita ibaratkan benda padat seperti misalnya: gitar senarnya digetarkan.

Kemudian udara seperti misalnya, suara peliut. Lalu benda cair seperti suara deburan ombak. Apakah suara gitar, peluit dan deburan ombak sama ?. Tentu saja beda.

Bahkan, saat kalian berbicara atau bernyanyi, setiap orang memiliki suara yang tidak sama.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama, Mengapa ?

Jawab:

Tidak, bunyi yang dihasilka dari setiap media tidak sama. Sebab, bunyi memiliki frekuensi, intensitas dan nada yang berbeda, yang hal ini dipengaruhi oleh perbedaan dari jenis media / bahan yang digunakan sebagai getaran, besarnya geteran yang ditimbulkan, serta media rambat bunyi tersebut.

Begitulah jawabannya teman-teman. Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada bunyinya apakah sama pada setiap media.

Media atau benda kan berbeda-beda ada benda padat, gas dan cair. Saat kalian berteriak, kan suaranya bergetar di udara

Kemudian merambat ke tebing, suara di tebing akan berbeda dengan saura kalian berteriak sebelumnya. Lalu saat kalian berteriak di air, juga bunyi yang dihasilkan akan berbeda.

Maka berarti bunyi yang dihasilkan dari berbagai media itu tidak sama. Nah, alasannya seperti disebutkan sebelumya karena bunyi tersebut kan berasal dari getaran, dan pada bunyi terdapat frekuensi, intensitas / pang pendek besar kecilnya getaran bunyi, lalu juga nada.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama, Mengapa

Verifikasi

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama, Mengapa

Berbeda, alasannya telah dijelasakan di atas: 🔊✅🙋‍♂️

Kebijkan guru.

Tinggalkan komentar